7 Keuntungan Konsumsi Timun Setiap Hari

Banyak tumbuh di kawasan Asia, timun menjadi sayuran favorit karena rasanya yang ringan dan menyegarkan. Kandungan air di dalam timun sering digunakan untuk menyeimbangkan makanan berlemak, penyegar makanan, dan penambah keasaman di dalam acar.

Gambar oleh ❤ Monika 💚 💚 Schröder ❤ dari Pixabay

Bernama latin Cucumis sativus, timun tak hanya dimanfaatkan untuk makanan, tapi juga sering dikonsumsi sebagai minuman dan produk kecantikan. Nutrisi, antioksidan dan vitamin pada timun dapat mencegah berbagai penyakit dan merawat kesehatan kulit.

Dilansir Healthline, setiap 300 gram timun setidaknya mengandung:

  • Kalori: 45
  • Lemak total: 0 gram
  • Karbohidrat: 11 gram
  • Protein: 2 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 14% dari RDI
  • Vitamin K: 62% dari RDI
  • Magnesium: 10% dari RDI
  • Potasium: 13% dari RDI
  • Mangan: 12% dari RDI

Berikut ini 7 manfaat timun untuk kesehatan:

  1. Hidrasi Tubuh

Timun terdiri dari 96% air sehingga sangat efektif dalam meningkatkan hidrasi tubuh. Timun dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan harian orang-orang yang mengalami dehidrasi atau sedang dalam masa pemulihan.

Rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 3 liter air setiap hari dan sekitar seperempatnya biasanya berasal dari makanan. Jika ingin memenuhi kebutuhan air, timun adalah adalah sumber hidrasi yang sangat baik.

  1. Mengontrol Berat Badan

Timun adalah sumber makanan yang rendah kalori, yakni 45 kalori setiap 300 gram. Itu berarti, kita bisa bebas mengonsumsi banyak timun tanpa harus menambah kalori ekstra. Selain itu, kandungan air yang tinggi pada timun dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan.

  1.  Menurunkan Gula Darah

Timun dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah beberapa komplikasi diabetes. Timun efektif untuk mengurangi stres oksidatif dan mencegah komplikasi terkait diabetes.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Makan timun secara teratur dapat melancarkan buang air besar. Kandungan ekstra air dan serat pada timun dapat mencegah dehidrasi penyebab sulitnya buang air besar. Tetap terhidrasi dapat meningkatkan konsistensi tinja, mencegah sembelit dan mengatur pergerakan usus.

  1. Menyehatkan Jantung

Menambahkan timun ke dalam menu diet sangat baik untuk jantung. Aktivitas antioksidan pada timun membantu memperlambat atau menghentikan penyakit yang berhubungan dengan jantung. Bahkan nutrisi dalam biji timun dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik yang berdampak langsung pada kesehatan jantung.

  1. Merawat Kulit

Sifatnya yang antiinflamasi menjadikan timun sayuran yang ampuh untuk merawat kulit, mengurangi bengkak dan kemerahan, serta membantu memerangi tanda-tanda penuaan.

Timun juga memiliki antioksidan tinggi, vitamin C, dan asam folat yang sangat bermanfaat untuk wajah. Tak heran mengapa banyak produk kecantikan kulit yang mengandung bahan timun untuk menjaga kelembaban kulit. 

  1. Menguatkan Tulang

Timun adalah sumber yang kaya akan Vitamin C dan Vitamin K. Vitamin C membantu pembentukan kolagen dalam menguatkan tulang. Sementara vitamin K pada timun dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tulang dan mempercepat pemulihan kondisi patah tulang.

Banyak kreasi olahan timun yang dapat kita tambahkan ke menu makan pagi dan siang hari. Misalnya, membuat tumis timun minyak wijen, tumis timun dan telur, jus limun dengan jeruk nipis, es timun serut, hingga rujak mentimun.

Dapatkan timun segar dan bergizi di aplikasi TaniHub. Di TaniHub, kita bisa memilih berbagai macam makanan dan kebutuhan sehari-hari seperti, sayuran, buah, telur, hingga ikan. Ayo belanja sayur dan buah terbaik langsung dari petani dan dapatkan promo setiap minggunya!

Sumber:

https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-why-cucumbers-are-good-for-you

https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-of-cucumber#TOC_TITLE_HDR_2 https://www.thehealthsite.com/news/having-cucumbers-for-healthy-bones-yes-thats-a-good-idea-ai0718-586000/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *