Cara Membuat dan Jenis Laporan Keuangan

Tak Hanya Dapat Uang, Ini 5 Manfaat Menulis untuk Media Daring

Bekerja di sebuah perusahaan terkadang menuntut anda untuk membuat beragam data yang dibutuhkan. Salah satunya adalah laporan keuangan.

Bisa dibilang laporan keuangan ini merupakan data yang menunjukkan posisi dan aktivitas keuangan sebuah perusahaan/bisnis pada periode tertentu.

Nantinya, laporan keuangan ini bisa digunakan sebagai acuan perusahaan untuk melihat kemajuan bisnis yang telah dicapai dan menentukan langkah kedepannya agar lebih baik lagi.

Kebanyakan pengusaha terkadang mengabaikan yang namanya laporan keuangan. Padahal membuat laporan keuangan ini sangat penting untuk kemajuan perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil.

Oleh karena itu, dalam tulisan kali akan coba memberikan informasi tentang cara membuat dan jenis laporan keuangan sebagai berikut.

Cara Membuat Laporan Keuangan

  • Menyiapkan Buku Catatan Pengeluaran

Salah satu hal yang harus dipikirkan sebelum membangun perusahaan adalah buku pengeluaran. Adapun fungsi dari buku pengeluaran ini adalah untuk mencatat semua pengeluaran perusahaan tanpa celah.

Dalam hal ini, catat semua biaya yang dikeluarkan, baik itu untuk membeli peralatan kantor, transfortasi, dan lain sebagainya.

Dengan memiliki buku pengeluaran, akan mempermudah anda dalam menyeimbangkan buku kas di akhir tahun nanti.

  • Menyiapkan Buku Catatan Pemasukan

Selain buku catatan pengeluaran, anda juga akan membutuhkan buku catatan pemasukan. Fungsi dari buku catatan pemasukan ini adalah untuk memantau keseimbangan bisnis anda.

Pada buku ini akan dicatat semua uang yang masuk ke perusahaan, termasuk utang yang sudah lunas.

Buku catatan pemasukan ini sangat dibutuhkan di akhir bulan, kuartal, dan tahun. Oleh karena itu, biasakan untuk selalu mencatat semua pemasukan setiap harinya.

  • Membuat Buku Stok Barang

Selain uang, yang namanya perusahaan juga harus mengurusi barang-barang yang masuk dan keluar. Baik itu barang yang dijual atau dibeli.

Semakin banyak jumlah barang yang keluar dan masuk, maka penjualan perusahaan otomatis akan semakin tinggi.

Perlu diketahui bahwa buku stok barang ini adalah contoh laporan keuangan yang paling sederhana, sebab tidak mencantumkan nominal uang.

  • Membuat Buku Inventaris

Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah membuat buku inventaris. Yang mana, buku catatan inventaris ini sangat berguna untuk memeriksa semua barang yang telah dimiliki oleh perusahaan.

Selain itu, buku catatan inventaris ini juga berfungsi sebagai acuan stabilitas sebuah perusahaan. Sehinga keberadaan buku ini sangat penting, karena berkaitan langsung dengan laporan keuangan perusahaan di akhir periode.

  • Merangkum Buku Catatan Kas Utama

Perlu diketahui bahwa membuat laporan keuangan akan terasa sulit tanpa adanya buku catatan kas utama. Dalam buku ini merangkum semua pengeluaran serta pemasukan perusahaan, baik itu berupa uang ataupun barang.

Di buku ini, anda dapat melihat seberapa banyak keuntungan atau kerugian yang dialami oleh perusahaan anda.

Selain digunakan sebagai informasi keuangan, buku catatan kas utama ini juga merupakan dasar laporan keuangan.

Jenis Laporan Keuangan

Ada beberapa jenis laporan keuangan yang penting untuk dimiliki oleh sebuah perusahaan, salah satunya adalah laporan neraca.

Laporan neraca ini merupakan data yang menunjukkan kondisi keuangan sebuah perusahaan.

Pada buku ini berisi tentang nilai dan posisi aktiva serta pasiva, yang pada akhirnya harus seimbang.

Apabila nilanya tidak terhitung seimbang di ujung periode, itu artinya terjadinya permasalahan pada posisi keuangan perusahaan anda.

Selain itu, laporan neraca ini juga bisa memuat modal, catatan utang, dan kewajiban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *