Kelebihan dan Kekurangan Dari Pipa PVC

Setelah pekerjaan konstruksi rumah Anda selesai, langkah kedua adalah memasang jaringan perpipaan. Pemilihan material perpipaan menentukan jenis instalasi serta perawatan yang diperlukan. Dalam hal memilih bahan perpipaan, pipa PVC adalah pilihan pertama bagi banyak orang. Pipa PVC adalah produk teknologi modern yang menawarkan layanan yang andal dan tahan lama untuk berbagai pengguna termasuk kontraktor, infrastruktur, operator, industri, utilitas, dan distrik irigasi. Sejumlah keunggulan kinerja berarti Pipa PVC sekarang menggantikan banyak bahan tradisional seperti betn dan semen. Hal ini terjadi karena banyak keunggulan yang dimiliki oleh pipa PVC.

Pipa PVC biasanya digunakan untuk:

  • Drain-waste-vent (DWV).
  • Selokan.
  • Listrik air.
  • Jalur layanan air.
  • Irigasi.
  • Conduit.
  • Berbagai instalasi industri.

Sistem pipa PVC dapat diproduksi dalam banyak warna dan kalian dapat dengan mudah mengenalinya setelah melihat dari warna-warna pipa dan biasanya digunakan untuk apa.

  • Putih untuk DWV dan beberapa aplikasi tekanan rendah.
  • Putih, biru, dan abu-abu tua untuk perpipaan air dingin.
  • Hijau untuk layanan saluran pembuangan.
  • Abu-abu tua untuk aplikasi tekanan industri.

Keuntungan pipa PVC

  1. Pipa PVC ini merupakan bahan yang ringan, kuat, dan tahan terhadap serangan kimia dan tersedia dalam panjang yang besar. karena bobotnya yang ringan pipa PVC ini bisa mengurangi biaya penanganan, transportasi dan pemasangan. Meskipun bahannya yang ringan pipa ini tetap memiliki daya tahan dan kekuatan yang luar biasa
  2. Jumlah sambungan yang lebih sedikit memfasilitasi kecepatan dan mengurangi kemungkinan kebocoran. 
  3. Pipa PVC tahan karat. Pipa yang terbuat dari baja atau beton sering kali mengalami pengaratan. Jika pipa digunakan untuk saluran air maka pengaratan yang terjadi pada pipa betn sangatlah berbahaya dan membuat air menjadi kotor dan tidak layak. Untuk mengatasi hal tersebut pipa PVC adalah solusi terbaik utuk menggantikan pipa beton, karena PVC merupakan bahan plastic anti karat.
  4. Pipa-pipa ini memiliki sifat elastis yang baik. 
  5. Kemampuan beradaptasi mereka terhadap gerakan bumi lebih unggul. 
  6. Permukaan bagian dalam yang halus dari pipa menawarkan lebih sedikit gesekan. 
  7. Tahan lama, pipa PVC merupakan pipa yang tahan akan pelapukan, pembusukan, korosi  dan guncangan, bahan ini juga sangat fleksibel sehingga tidak akan mudah patah. 
  8. Elastis. Pipa PVC ini merupakan pipa yang cukup elastis sehingga pipa ini tidak akan mudah patah, selain itu pipa ini juga akan mudah untuk dipasangkan karena sifatnya yang elastis.
  9. Karena gesekan yang lebih sedikit, ia menghemat energi dalam pengangkutan air.
  10.  Hemat biaya, pipa ini merupakan pipa yang populer karena harga pipa PVC yang murah. Selain itu seperti disebutkan diatas bahwa pipa ini memiliki bobot yang ringan sehingga biaya pengangkutan dan pemasanagn pipa ini pun akan jauh lebih murah dibandingkan bahan lain seperti beton dan semen. 

Kekurangan pipa plastik:

  • Karena sifatnya yang tidak membusuk, pipa plastik tidak dipasang pada suhu tinggi. 
  • Mereka mudah retak. 
  • Pada suhu yang lebih tinggi, kekuatan pipa plastik berkurang.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari pipa PVC atau pipa plastic. Semoga dengan adanya artikel kali ini kalian jadi mengetahui mengenai pipa PVC dengan lebih jelas. Terimakasih sudah membaca artikel kami, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalin. Sampai bertemu lagi di artikel berikutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *