Gaji Pas-pasan Tapi Mau Berbisnis? Begini Cara Kumpulkan Modalnya

https://lh4.googleusercontent.com/GDcPrt0cpD4-A9YkLIjSPBH4Y2GRZL34_zDcXViKRxHo6s1abOyRukIeX6nyBXhbq4JR0LFr2BqX-bdviAR8nYQTlHATLbVmCCIT0ph3Nbc016GGXHspo20z8vWxDMsRAKSDhro8

Kalau gaji pas-pasan tapi punya rencana bisnis yang ingin dijalankan, apakah harus ajukan pinjaman dana cepat solusinya? Tunggu dulu. 

Membuka atau menjalankan bisnis memang membutuhkan modal. Namun, bukan berarti hanya bisa dilakukan oleh orang-orang kaya raya saja. Bukan berarti juga harus langsung impulsif dipenuhi dengan cara mengajukan pinjaman. Justru dengan keterbatasan dalam hal gaji yang kamu alami saat ini, bisa menjadi peluang yang baik untuk kamu belajar membulatkan tekad, niat, dan mengatur strategi jitu agar rencana bisnismu bisa terwujud. 

Lalu, bagaimana caranya? Apa yang harus mulai dilakukan?

Tentukan tujuan dan buat detail rencana bisnis di atas kertas

Mulailah dengan niat dan menentukan tujuan. Sebagian orang mungkin akan berpikir ini hal yang klise, namun, niat dan tujuan yang kuat akan mendorong aksi & konsistensimu dalam menabung untuk mengumpulkan modal bisnis. Tidak cukup dinyatakan dalam hati atau pikiran saja, tuangkan niat dan tujuan tersebut dalam bentuk detail rencana bisnis di atas kertas. Mulai dari idenya, bujetnya, alokasinya, berapa lama masa menabung yang dibutuhkan, dan kapan target bisnis tersebut akan dijalankan. Dengan membuat rencana bisnis yang detail, akan membantu kamu jadi lebih terarah dalam menabung & mengumpulkan modal. 

Konsisten dalam mencicil tabungan bisnis meski jumlahnya kecil

Daripada nekat nabung dalam jumlah besar tapi kebutuhan lain terbengkalai, nggak apa-apa jika kamu menabung dari jumlah yang kecil asalkan konsisten dilakukan setiap bulan sampai targetnya tercapai. Menabung dengan jumlah lebih besar juga tidak akan berpengaruh banyak jika kamu tidak konsisten dan berpegang pada rencana yang sudah dibuat. Maka dari itu, kunci utamanya adalah disiplin!

Jangan tunggu ada uang sisa, cicil tabungan di awal terima gaji

Akan selalu ada alasan dan justifikasi untuk tidak menabung jika hanya menunggu uang sisa. Kalau benar-benar ingin rencana bisnismu terwujud, maka menabunglah di awal bulan saat baru terima gaji. Kalau perlu, buat tabungan berjangka atau gunakan fitur autodebet dari rekeningmu ke tabungan terpisah. Dengan begitu, nggak bakal ada alasan lagi untuk menunda atau skip menabung. 

Rajin cari peluang kerjaan sampingan yang ringan

Alih-alih menunggu kenaikan gaji atau bonus dari kantor yang periodenya setahun sekali, kamu bisa juga mulai bergerilya mencari peluang kerja sampingan yang ringan dan bisa dilakukan saat senggang atau akhir pekan. Saat ini, sudah banyak situs pekerjaan sampingan yang tersedia. Mulai dari yang lokal sampai internasional. Selain lumayan buat tambahan penghasilan, bisa juga dialokasikan ke tabungan kalau ada kelebihan. 

Kredivo: pinjaman dana cepat berbunga rendah & tanpa survei untuk modal bisnis

Selain bersakit-sakit dulu bersenang-senang kemudian dengan menabung, modal bisnis bisa juga didapat dengan mengajukan pinjaman dana. Jangan khawatir, sebab pinjam dana untuk modal bisnis termasuk utang produktif. Yaitu utang yang dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan penghasilan atau kekayaan. Tapi, jangan gegabah pinjam dana untuk berbisnis kalau belum ada perencanaan yang matang dan kondisi finansial yang baik. Sebab, ada angsuran pinjaman yang harus tetap dibayar, baik lancar atau tidaknya bisnismu berjalan. 

Nah, untuk pinjaman dana modal bisnis bagi pemula yang cepat dan tanpa survei, ada Kredivo rekomendasinya. Bukan hanya menawarkan pinjaman dana cepat dengan limit besar (maksimal s.d Rp 30 juta), Kredivo juga terkenal sebagai fintech yang memiliki suku bunga paling rendah, yaitu hanya 2,95% per bulan. 

Untuk pinjaman dana cepat di Kredivo berlaku pengajuan minimal mulai dari 500 ribu untuk jenis pinjaman mini dan mulai dari Rp 1 juta untuk tipe pinjaman jumbo. Sebelum mengajukan pinjaman dana cepat, kamu wajib terdaftar sebagai pengguna Premium Kredivo lebih dulu. Caranya, download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, lalu daftar sesuai instruksi yang ada di aplikasi. 

Jika gajimu pas-pasan, jangan khawatir. Sebab, Kredivo memiliki syarat daftar yang mudah & batas minimum penghasilannya cukup rendah, antara lain: 

  1. Kamu merupakan WNI yang sudah berusia minimum 18 tahun. 
  2. Memiliki pendapatan tetap per bulannya minimal Rp 3 juta. 
  3. Tinggal atau berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *