Hal-hal yang Harus Disiapkan sebelum Melancong ala Backpacker

Saturday, October 14th, 2017 - Berita

Melancong merupakan aktivitas yang menyenangkan. Melancong bisa dilakukan dengan mengunjungi objek wisata yang terkenal bersama teman atau seorang diri. Melancong memberikan pengalaman dan pengetahuan yang baru serta meningkatkan ketahanan mental. Tidak perlu menunggu kaya raya jika ingin melancong. Melancong bisa dilakukan dengan biaya terbatas dengan cara menjadi backpacker. Melancong ala backpacker berbeda dengan melancong pada umumnya. Backpacker tidak memerlukan banyak koper dan fasilitas liburan yang mewah. Backpacker hanya membutuhkan satu backpack atau tas ransel serta tas selempang kecil dan fasilitas liburan yang ala kadarnya. Bahkan, backpacker sering menginap di stasiun kereta api, bandara, atau rumah penduduk demi menghemat dana liburan. Backpacker juga tidak didampingi dengan pemandu wisata. Perjalanan mereka menjelajahi destinasi wisata dilakukan oleh seorang diri dengan bekal peta dan informasi yang bisa didapatkan dari internet. Jika tertarik menjelajahi dunia dengan cara backpacker, maka lakukan tips-tips di bawah ini agar perjalanan backpacker menjadi menyenangkan.

  • Pilih Destinasi Wisata

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum melancong dengan cara backpacker adalah memilih destinasi wisata yang ingin dituju. Agar melancong ala backpacker menjadi menyenangkan, tentukan destinasi wisata yang akan dituju sejak enam bulan atau satu tahun sebelum hari keberangkatan. Jika destinasi wisata tujuan sudah ditentukan sejak jauh-jauh hari, maka tersedia banyak waktu untuk menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk melancong ala backpacker.

  • Cari Informasi tentang Destinasi Wisata Tujuan

Jika destinasi wisata sudah ditentukan, maka carilah informasi lengkap tentang tempat yang akan dituju. Mencari informasi merupakan langkah wajib yang harus dilakukan oleh semua backpacker agar perjalanan wisata bisa berjalan sesuai rencana. Informasi yang dicari berupa informasi mengenai tempat wisata tersebut, bahasa yang digunakan, kurs mata uang, fasilitas umum, budaya, makanan, hingga situasi keamanan dan politik perlu dicari secara menyeluruh.

  • Tentukan Kegiatan yang akan Dilakukan

Setelah menentukan destinasi wisata yang akan dituju, jangan lupa tentukan pula kegiatan yang ingin dilakukan di destinasi wisata tersebut. Membuat rancangan kegiatan di destinasi wisata tujuan adalah cara untuk menikmati apa saja yang ada di tempat tersebut dengan maksimal. Sehingga, uang dan waktu yang dihabiskan untuk melancong ala backpacker tidak sia-sia. Kegiatan yang akan dilakukan di destinasi wisata sendiri beragam. Ada yang melancong karena ingin mengabadikan tempat-tempat indah dengan lensa kamera. Ada yang ingin mempelajari budaya dari negara tersebut. Ada yang ingin mencicipi kuliner khas negara tersebut. Ada pula yang mengunjungi tempat wisata sebagai bonus dari program pertukaran pelajar, seminar internasional, dan lain sebagainya. Apapun kegiatan yang ingin dilakukan di tempat wisata, pastikan kegiatan tersebut tidak mengganggu ketertiban umum atau melanggar peraturan setempat.

  • Cari Informasi Kondisi Alam

Walau sepele, mengetahui kondisi alam destinasi wisata tujuan adalah persiapan penting yang harus dilakukan sebelum melancong ala backpacker. Informasi mengenai kondisi alam tempat tersebut adalah referensi untuk menyiapkan barang-barang apa yang perlu dibawa selama melancong ala backpacker, seperti jenis pakaian, obat-obatan, dan uang.

  • Siapkan Dokumen Perjalanan

Hal yang paling penting dalam melakukan perjalanan adalah menyiapkan dokumen perjalanan. Apalagi jika melakukan perjalanan ke luar negeri. Dokumen perjalanan seperti paspor dan visa wajib dimiliki agar bisa masuk ke dalam negara tersebut secara legal. Bagi backpacker yang belum memiliki dokumen perjalanan tersebut pasti harus mengurusnya terlebih dulu. Proses pengurusan dokumen perjalanan tersebut merupakan proses yang tidak akan selesai dalam satu hari. Oleh karena itu, uruslah dokumen perjalanan begitu ide melancong ala backpacker terpikirkan.

  • Siapkan Dana

Selain dokumen perjalanan, persiapan yang paling penting sebelum memulai perjalanan wisata adalah dana. Walau backpacker merupakan melancong dengan dana yang minim, dana tetap dibutuhkan. Dana tersebut dialokasikan untuk mengurus syarat administrasi seperti paspor dan visa, membeli tiket pesawat terbang, menyewa penginapan murah, membeli makanan, membeli tiket masuk destinasi wisata, dan dana cadangan untuk menghadapi situasi yang tidak diinginkan. Pastikan untuk menghitung secara rinci untuk apa saja dana liburan tersebut dialokasikan. Dana bisa didapatkan dengan menyisihkan sekian persen dari pendapatan tetap. Namun, jika menabung dirasa sulit, dana untuk melancong ala backpacker bisa didapatkan dengan mencari pinjaman uang online. Nantinya dana melancong yang didapatkan dari pinjam uang online bisa dikembalikan setelah pulang dari melancong.

  • Siapkan Akomodasi

Melancong ala backpacker tidak mungkin dilakukan dalam sehari. Oleh karena itu, akomodasi merupakan persiapan yang tidak boleh dilewatkan para backpacker. Akomodasi bagi para backpacker bisa berupa motel, hostel, atau penginapan murah yang satu kamar akan diisi oleh beberapa orang. Tidak jarang penginapan murah untuk para backpacker diisi oleh laki-laki dan perempuan. Tempat lain yang sering dijadikan backpacker sebagai tempat menginap bagi para backpacker adalah rumah penduduk setempat. Menginap di rumah penduduk merupakan cara yang tepat untuk menghemat dana melancong sekaligus mempelajari budaya dari tempat yang dituju.

Akomodasi tidak hanya soal penginapan, melainkan juga transportasi. Jika melakukan perjalanan ke luar negeri, maka pesanlah tiket pesawat sejak jauh-jauh hari agar harganya lebih murah. Selain itu, pesanlah tiket pesawat dengan kelas ekonomi sebagai upaya menghemat dana liburan. Sedangkan, transportasi yang digunakan ketika di tempat wisata adalah transportasi umum seperti kereta api atau bus. Jangan gunakan transportasi yang bersifat privat seperti taksi karena bisa menguras dana liburan. Gunakan taksi atau mobil sewaan jika dalam keadaan mendesak.

  • Jaga Kondisi Tubuh

Melancong ala backpacker tidak akan menyenangkan jika kondisi tubuh dalam keadaan tidak fit. Jika tubuh sedang tidak sehat, melancong bukan diisi dengan jalan-jalan, melainkan berdiam diri di dalam penginapan. Kondisi tubuh yang fit memudahkan tubuh beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Apalagi jika lingkungan yang baru memiliki iklim yang berbeda. Jagalah kondisi tubuh sebelum hari keberangkatan. Pastikan untuk makan secara teratur dengan makanan yang bergizi. Lakukan pula olahraga setiap hari seperti lari pagi atau bersepeda. Jika mengidap penyakit tertentu, maka lakukan pemeriksaan dengan dokter terlebih dulu. Pastikan penyakit tersebut tidak mengganggu kegiatan wisata. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan dasar seperti obat untuk luka, diare, mabuk perjalanan, sakit kepala, demam, dan obat untuk penyakit yang diderita.

  • Siapkan Barang yang akan Dibawa

Backpacker tidak membawa banyak koper. Backpacker hanya menggunakan tas ransel untuk menyimpan barang bawaan dan tas selempang kecil sebagai tempat uang dan dokumen perjalanan. Bawalah barang-barang yang sekiranya dibutuhkan di destinasi wisata. Barang-barang yang wajib ada di dalam tas ransel adalah pakaian secukupnya, peralatan mandi, perlengkapan ibadah, alat tulis, buku bacaan, kamera, perangkat komunikasi seperti telepon genggam atau laptop, charger, obat-obatan, dan botol air minum. Backpacker bisa juga membawa makanan dalam bentuk kering seperti biskuit atau sereal.