Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu

Thursday, May 18th, 2017 - Berita

Gangnam

Penggunaan lantai kayu pada desain rumah dapat menjadi salah satu alternatif memberikan sentuhan estetika dengan tetap mempertahankan kesan minimalis pada rumah anda. Anda dapat menggunakan lantai kayu dari bahan kayu solid ataupun kayu sintetis dalam bentuk strip, plank, atau parket, sesuai dengan selera anda. Namun, sebelum memutuskan menggunakan lantai kayu pada rumah anda, anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan lantai kayu pada rumah anda.

Kelebihan Penggunaan Lantai Kayu

Penggunaan lantai kayu dalam desain rumah anda dapat memberikan sentuhan alami dan natural dalam rumah anda. Suasana alami ini dapat memberikan rasa nyaman dan relaks setiap kali anda berada di rumah. Bagi anda yang menyukai nuansa yang lembut, bebas, tenang, dan alami, penggunaan lantai kayu menjadi salah satu alternatif untuk mewujudkan rumah impian anda. Guratan alami dari serat kayu pada lantai kayu memberikan kesan alami, tenang, dan juga bebas yang merefleksikan karakter anda dengan baik.

Di samping itu, rumah dengan lantai kayu biasanya mampu memberikan kehangatan di musim hujan atau rasa sejuk di hari terik. Hal tersebut karena sifat kayu yang dapat menyimpan kelebihan panas di siang hari dan menggunakannya untuk memberikan kehangatan di malam hari.

Kekurangan Penggunaan Lantai Kayu

Meskipun secara visual lantai kayu dapat memberikan kesan cantik dan estetika dalam rumah anda, serta memberikan kenyamanan kepada anda dan keluarga, penggunaan lantai kayu pada rumah juga memiliki beberapa kekurangan. Penggunaan lantai kayu dari bahan alami atau kayu solid membutuhkan perawatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan lantai kayu dari bahan sintetis. Oleh karena itu, anda perlu membersihkan lantai anda secara teratur untuk menghindarkannya dari keropos yang disebabkan oleh serangga ataupun kelembaban yang berlebihan.

Ukuran lantai kayu juga dapat memuai dan menyusut yang dipengaruhi oleh suhu di dalam rumah anda. Perubahan ukuran kayu ini dapat menyebabkan lantai rumah anda menjadi tidak rata sehingga mengurangi kenyamanan anda saat melangkah di dalam rumah.

Hal lain yang dapat menjadi pertimbangan adalah harga. Lantai kayu memang memberikan nilai estetika tersendiri pada rumah anda. Namun, harga lantai kayu murah juga perlu menjadi pertimbangan. Apakah anda akan menggunakan lantai kayu dari bahan sintetis yang lebih murah atau dari bahan solid yang cenderung lebih mahal? Selamat mewujudkan rumah impian anda.