Jenis Investasi Aman

Friday, May 12th, 2017 - Berita

teropongumsu

Investasi aman adalah investasi yang minimal memiliki resiko yang keci meskipun cukup dikenal. Dengan pernyataan seperti diatas, prinsip investasi bisa dikatakan “High Risk High Return”. Artinya, semakin besar resiko dalam berivestasi maka peluangnya juga cukup besar dan keuntungan yang akan diperoleh juga besar. Investasi dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan financial di bagi menjadi 2 kelompok secara garis besar, yaitu jenis investasi jangka panjang pendek dan investasi jangka panjang.
Dan untuk jenis produk keuangaan, yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai sarana investasi adalah sebagai berikut :

1. Simpanan deposito
2. Unit Link
3. Reksadana
4. Obligasi
5. Saham dan banyak lagi jenis lainnya.

Itulah jenis produk keuangan dari investasi, bagaimanapun investasi aman pasti memiliki resiko, bahkan setiap jenisnya pun memiliki resiko yang berbeda – beda.
Sekarang kita akan membahas bentuk investasi aman dan cukup menguntungkan bagi anda. Investasi ini sesuai dengaan tingkat resiko yang akan anda tanggung, namun sebanding dengan keuntungan atau profit yang akan anda peroleh.

1. Jenis investasi dana tunai
Investasi ini tidak jauh berbeda dengan tabungan biasa , deposito, dan reksadana atau dibilang malah serupa. Dengan resiko yang sangat kecil, dan peluang keuntungan yang diperoleh hanya beraada pada kisaran 60% per tahun dari besarnya dana yang telah anda investasikan. Sebagai contohnya, jika anda menjadi seorang investor dan menyimpan uang sejumlah 100 juta, maka dalam tempo waktu setahun anda hanya akan memperoleh keuntungan sebesar 6 juta saja atau sekitar 500 ribu di setiap bulannya.

2. Investasi pendapatan tetap
Investasi yang satu ini, pihak investor biasanya ditawari dalam bentuk obligasi atau surat hutang serta reksadana pendapatan tetap. Kelebihan dari investasi ini adalah bisa memberikan pendapatan tetap kepada anda sebagai investor bisa hingga per setiap bulan ataau juga bisa per setiap tahunnya. Keuntungaan yang nantinyaa diperoleh oleh pihak investor tidak lebih besar dari investasi yang tadi yaitu investasi dana tunai. Namun, pilihan kedua ini emiliki kelebihan pada tingkat resikonya yang minim apabila sedang terjadi gejolah ekonomi global khususnya yaitu pasar uang, maka nilai dari investasi yang sudah masuk tidak akan hilang ataupun malah berkurang.

3. Investasi saham (pasar modal)
Bisnis saham ini sudah bukan suatu haal baru lagi bagi kalangan menengah atau bahkan masyarakat biasa. Jenis saham dapat dibedakan menjadi dua yaitu saham perusahaan terbuka dan saham perusahaan tertututp. Seperti halnya bentuk sebuah bisnis waralaba atau misalnya jenis usaha rumahan yang mana anda bisa ikut andil dalam permodalannya, maka sudah termasuk dari saham perusahaan tertutup. Walaupun termasuk dalam investaasi yang memiliki resiko besar, akan tetapi pilihan ini termasuk jenis investasi yang menguntungkan dan menggiurkan bagi para investor karena memiliki peluang lebih baik untuk meraih keuntungan atau profit yang dibilang cukup tinggi.

4. Investasi berupa asset fisik
Investasi ini adalah bentuk simpanan harta berhargaa yang berwujud fisik, missal eman, berlian, dan property lainnya. Peluang keuntungan yang dapat anda peroleh sangat berfariasi tergantung dari asset yang anda pilih serta kondisi ekonomi yang terjadi saat itu. Jilah dilihat dari kategorinya, pilihan investasi ini termasuk ke dalam bentuk investasi jangka panjang, yaitu semakin bertambahnya waktu, maka nilai jual asset juga akan terus meningkat.

Nah, itu tadi macam atau jenis investasi aman yang dapat anda jadikan referensi untuk investasi anda. Pilihlah investasi yang cocok untuk anda dan ekonomi anda, agar tidak memberatkan. Semoga artikel ini dapat membantu anda dan memberikan informasi untuk anda.