Mengenal dan Mengetahui Memilih Susu Balita Terbaik

Wednesday, March 15th, 2017 - Inspirasi Wanita, Perawatan Dan Kesehatan

Susu Bayi

ASI adalah susu balita terbaik yang bisa diberikan seorang ibu kepada anak tercintanya. Sayangnya, karena berbagai kondisi dan keadaan, terkadang anak tidak bisa mendapatkan ASI yang cukup dari ibunya. Sehingga penggunaan Pengganti ASI (PASI) menjadi hal yang tak teralakkan lagi. Saat itulah, orang tua akan dihadapkan pada persoalan baru, khususnya bagaimana cara memilih susu balita yang baik.

Masalah ini jelas semakin rumit ketika melihat kondisi produk PASI yang berupa susu formula banyak beredar. Memang informasi untuk mendapatkan mana produk susu formula terbaik dapat dengan mudah didapatkan. Entah itu dari dokter, iklan, sumber berita, brosur, dan juga dari sesama ibu. Sayangnya, informasi yang beragam menjadikan kita semakin sulit menentukan mana susu formula terbaik. Makin banyak pendapat, terkadang bukan malah semakin mudah memilih. Apalagi kalau pendapatnya beragam dan saling berbeda.

Akibat Pemilihan Susu Formula Yang Tidak Tepat

Terkadang, ketika kita mengunjungi dokter untuk meminta saran apa susu formula yang baik bagi anak. Dokter menyarankan merek A. Lalu kita pergi ke minimarket untuk membelinya. Sayangnya sesampai di minimarket sang penjual menyarankan merek B, karena merek A dirasa tidak cocok. Lalu kita beli merek B, sesampai di rumah, kita ketemu ibu-ibu, dan ibu-ibu itu menyarankan merek C. Semakin bingung saja mana susu balita terbaik.

Padahal kita tidak bisa asal-asalan dalam memberikan makanan pengganti pada anak. Sebab kondisi pencernaan anak masih belum sempurna. Terutama pada anak yang memiliki alergi atau gangguan pencernaan, pemilihan susu yang tidak tepat dapat mengakibatkan berbagai gangguan organ dan fungsi tubuh, seperti batuk, sesak nafas, diare hingga muntah-muntah.

Gangguan semacam ini jelas akan mengganggu pula pada proses perkembangan anak. Dan lambat laun juga akan mengakibatkan gangguan pada perilaku anak. Makanya pemilihan susu formula terbaik harus dilakukan secara cermat dan teliti. Sebab efeknya adalah untuk jangka panjang. Lalu bagaimana caranya?

Cara Memilih Susu Balita Terbaik

Susu formula yang beredar di pasaran, keberadaanya telah dikontrol oleh lembaga pengawas makanan dan obat-obatan Amerika (FDA). Sehingga menjamin bahwa susu formula yang beredar memenuhi standar kualitas tertentu. Ada standar ukuran yang harus dipenuhi sebagai ukuran bahwa susu formula yang kita pilih adalah yang terbaik:

  1. Tidak menimbulkan reaksi apa-apa

Sama seperti ASI yang tidak menimbulkan reaksi apapun dari dalam tubuh balita. Apalagi sampai menimbulkan reaksi seperti batuk, gangguan kulit, sesak nafas dan lainya. Tidak pula menimbulkan diare, muntah dan gangguang pencernaan lain. jadi pastikan bahwa susu formula yang kamu berikan pada anak tidak menimbulkan reaksi apapun. Kebanyakan ibu-ibu percaya bahwa susu formula seperti friso tidak menimbulkan reaksi apapun

  1. Bukan yang paling mahal dan bermerek

Ada banyak susu yang berharga murah dan ada pula banyak susu formula yang harganya sangat mahal. Bermerek pula. Tetapi untuk menentukan mana susu formula terbaik, bukan itu pertimbanganya. Pertimbangan utamanya adalah apa yang terkandung di dalam susu formula tersebut. Silakan baca dengan seksama informasi yang tertera pada kemasan susu formula. Jangan termakan oleh iklan. Apalagi sampai membeli susu formula hanya karena ikut-ikutan yang ada di iklan. Anak memiliki kecocokan tersendiri.

Itulah beberapa dampak salah memilih susu terbaik sekaligus bagaimana cara memilih susu balita terbaik. Saran terbaik yang bisa kamu dengarkan adalah dari dokter kesehatan anak. Tentu setelah kamu berkonsultasi dan menceritakan semua tentang kondisi anak kamu.