Rumah di Surabaya: Hunian yang Ideal, Investasi Properti yang Menguntungkan, Hingga Lahan Bisnis yang Menjanjikan

Thursday, February 23rd, 2017 - Berita

Gangnam

Surabaya merupakan salah satu kota di Indonesia yang ideal untuk dijadikan tempat tinggal. Dengan infrastruktur kotanya yang baik, pusat perbelanjaannya yang lengkap, serta fasilitas umumnya yang memadai, kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia ini seakan menjadi magnet yang kuat untuk menyedot pendatang dari daerah di sekitarnya.

Keinginan untuk menetap di Surabaya seringkali didorong oleh harapan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Seperti kesempatan memperoleh pekerjaan atau menjalankan usaha, layanan kesehatan dan pendidikan, serta lingkungan yang kondusif untuk tumbuh kembang keluarga.

Dengan didorong oleh harapan tersebut, maka tidak heran jika banyak pendatang dari luar kota yang setelah beberapa waktu merasakan tinggal di Surabaya, akhirnya memilih menetap dan membeli rumah di kota ini.

Tips Membeli Rumah di Surabaya

Membeli rumah tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Berikut ini adalah beberapa tips bagi Anda yang akan membeli rumah di Surabaya.

  • Pertimbangkan Lokasi Rumah yang Dekat dengan Akses Transportasi

Salah satu aspek penting yang harus menjadi pertimbangan Anda saat ingin membeli rumah di Surabaya adalah kedekatannya dengan akses transportasi. Sejak tahun 2016, perkembangan transportasi umum mulai terjadi di seluruh daerah di Surabaya.

Sejak satu tahun yang lalu, pembangunan infrastruktur kereta trem yang menghubungkan Surabaya Selatan dengan Surabaya Utara, serta monorail yang menghubungkan Surabaya Timur dengan Surabaya Barat sudah dimulai dibangun.

Selain itu, Surabaya juga memiliki bandara internasional, 2 stasiun kereta api utama yang menghubungkan kota ini dengan kota-kota lainnya, serta pelabuhan yang menjadi jalur akses utama perdagangan di Indonesia, utamanya di Jawa Timur.

  • Cari Rumah Secara Online

Untuk mencari rumah dijual di Surabaya, akan lebih praktis dan mudah jika Anda melakukan pencarian secara online. Pencarian melalui situs jual beli rumah akan memberikan kesempatan kepada Anda untuk menyaring penawaran berdasarkan lokasi, rentang harga, serta denah ruangan. Selain itu, foto rumah yang ditampilkan juga akan memudahkan Anda untuk mengeliminasi penawaran yang tidak sesuai dengan keinginan.

  • Pilih Denah Ruangan yang Sesuai dengan Kebutuhan

Dalam mencari rumah, Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran serta denah ruang. Pastikan Anda memilih rumah dengan denah ruang yang paling cocok untuk Anda tempati bersama keluarga.

Garis besarnya adalah, Anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan, sehingga Anda perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum mengambil keputusan. Jangan sampai Anda melewatkan rumah yang tepat dan menyesal di kemudian hari.

  • Pertimbangkan Faktor-faktor Jangka Panjang

Sebagaian orang mungkin berpikir bahwa mereka cukup membeli rumah sekali. Namun kenyataannya, pemikiran ini tidak selalu tepat.

Bisa saja karena alasan perkerjaan atau jumlah anggota keluarga yang semakin bertambah, Anda perlu mencari rumah baru untuk tempat tinggal. Sehingga, sebelum membeli rumah, pertimbangkan juga faktor-faktor jangka panjang seperti nilai jual rumah Anda beberapa tahun kemudian.

Membeli Rumah di Surabaya Bisa menjadi Investasi Properti yang Menguntungkan

Selain merupakan kota hunian yang ideal, prospek properti di Surabaya ternyata juga sangat menjanjikan. Dari tahun ke tahun, perkembangan indeks harga properti di kota ini selalu mengalami kenaikan yang signifikan. Sehingga, membeli rumah di Surabaya juga bisa menjadi sebuah investasi yang menguntungkan.

  • Tingkat Pertumbuhan Ekonominya Tinggi

Surabaya termasuk salah satu kota di Indonesia dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Bahkan, angka pertumbuhan ekonomi di kota ini pernah berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional, yaitu mencapai 7,6%.

Pertumbuhan ekonomi yang baik di Surabaya ini juga sejalan dengan perkembangan bisnis propertinya. Sehingga mempunyai prospek yang baik bagi para pengusaha properti.

  • Harga Akan Terus Mengalami Kenaikan

Seiring dengan pembangunan infrastruktur kota yang terus berkelanjutan, harga properti di Surabaya seperti rumah dan apartemen juga terus mengalami kenaikan.

Kenaikan harga properti atau capital gain di Surabaya ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan Jakarta. Sebagai contoh, pada tahun 2011, harga rumah di Surabaya Timur berkisar antara Rp4 juta sampai Rp5 juta per meter persegi. Setelah 2 tahun, harganya sudah mencapai Rp15 juta per meter persegi. Bahkan, di beberapa kawasan elit tertentu seperti Surabaya Barat, harganya bisa mencapai Rp25 juta per meter persegi.

Kawasan Surabaya Barat dan Surabaya Timur memang kawasan yang paling potensial di Surabaya. Namun, kedua daerah ini memiliki karakter yang berbeda.

Kawasan Surabaya Timur berkembang karena banyaknya perguruan tinggi, baik itu negeri maupun swasta. Sementara, kawasan Surabaya Barat semakin berkembang karena adanya pengembang-pengembang besar seperti Ciputra dan Pakuwon yang mendirikan pusat perbelanjaan, apartemen, serta perumahan di daerah tersebut.

Rumah di Surabaya bisa Menjadi Lahan Usaha yang Menjanjikan

Memiliki rumah di Surabaya bisa menjadi lahan usaha yang menjanjikan. Mulai dari bisnis kecil-kecilan hingga bisnis yang membutuhkan modal besar.

Jika Anda memiliki rumah yang berada di pinggir jalan dengan lokasi yang strategis, Anda bisa merubahnya menjadi kafe atau restoran kecil yang nyaman. Dengan konsep yang sederhana namun unik, ditambah dengan hidangan yang murah dan lezat, niscaya akan ada banyak pelanggan yang berdatangan.  

Atau, jika Anda memiliki rumah yang dekat dengan kawasan kampus, Anda juga bisa menyewakannya dalam bentuk kos atau kontrakan. Banyaknya mahasiswa dan mahasiswi yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi di Surabaya merupakan peluang yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Renovasi rumah Anda menjadi kontrakan atau kos dengan banyak kamar. Biasanya, semakin dekat dengan pusat perbelanjaan, kawasan industri, serta kampus, tarif sewa kos atau kontrakan di daerah tersebut akan semakin tinggi. Dengan memiliki usaha kos dan kontrakan seperti ini, sama halnya Anda memiliki mesin uang yang akan terus mengalir setiap bulannya.

Jadi, sebelum membeli rumah di Surabaya, pestikan juga lokasinya cukup dekat dengan kawasan-kawasan strategis yang potensial untuk dijadikan tempat usaha.