Solusi Alergi Anak Bukan dengan Melarangnya Mengkonsumsi Makanan

Wednesday, January 18th, 2017 - Kesehatan Tubuh

anak sakit

Jangan heran bila sekarang ini banyak anak yang alergi pada makanan. Hal ini menyebabkan kita sebagai orang tua bingung dan berkutat bagaimana solusi alergi anak yang tepat. Biasanya, para ibu akan mencegah anaknya makan apapun, sang ibu hanya memperbolehkan anaknya mengkonsumsi satu atau dua macam makanan saja setiap hari untuk menghindari adanya resiko alergi yang lainnya. Apakah cara demikian dirasa tepat?

Sebenarnya, apabila Anda bingung untuk mencegah alergi pada buah hati, Anda bisa memperkenalkan makanan alergi di usia 4 hingga 6 bulan. Sesudah makanan sangat alergi ini mulai dikenalkan, paparan teratur sangat penting sebagai pemeliharaan toleransi. Tetap saja, anak haru makan makanan ini dengan teratur. Memang, alergi makanan di dunia sudah meningkat dari masa ke masa. Tahun 1997 dahulu alergi hanya 18% saja. Allergen yang umum ialah alergi susu sapi, kacang tanah, kedelai, kacang pohon, gandum, kerang, ikan dan wijen. Bayi yang saudaranya atau orangtuanya memiliki alergi, apalagi untuk kacang tanah, nantinya akan ada di resiko tinggi atopic. Mungkin Anda bingung, seperti apa teknik untuk memperkenalkan makanan?

Untuk memperkenalkan makanan baru, Anda bisa memperkenalkan makanan baru ini tiap 3 hingga 5 hari sesuai dengan usia anak, setelah itu Anda dapat memulai dengan biji-bijian, buah dengan warna kuning dan orange, kenalkan salah satu makanan yang memiliki potensi alergi bila ditoleransi dengan tepat. Namun makanan yang memiliki alergi ini lebih baik diberikan dalam jumlah yang kecil. Selain itu tingkatkan kualitas makanan dalam beberapa hari. Jangan sampai karena ketakutan, Anda menghindari berbagai macam jenis makanan.

Menghindari berbagai macam jenis makanan malah bisa mengurangi asupan nutrisinya sebagai solusi alergi anak, padahal belum tentu makanan tersebut merupakan makanan pencetus alergi. Jika ternyata buah hati Anda positif memiliki alergi tertentu, Anda harus segera konsultasikan alergi dan menjaganya agar ia tidak sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Lantas, bagaimana agar kita tetap mencukupi kebutuhan nutrisinya? Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, Anda dapat memberikan susu SGM, sehingga kebutuhan gizi dan nutrisinya tetap terpenuhi dengan baik.