Manfaat dan Cara Menidurkan Bayi

Monday, November 28th, 2016 - Inspirasi Wanita, Seputar Wanita, Tips Dan Trik

InspirasiKehidupanInginMenjadiIbuYangBaik

Memiliki anak yang cerdas dan berbakat adalah keinginan seluruh orang tua di seluruh dunia, termasuk Anda tentunya. Anak pada umumnya memiliki kemampuan kognitif dan motorik yang baik hingga mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang cukup kompleks untuk anak seusianya dengan baik. Kecerdasan seorang anak dipengaruhi oleh berbagai hal seperti asupan gizi, adanya trigger yang memicu anak untuk berpikir, dan dukungan serta kasih sayang dari orang-orang disekitarnya. Ada faktor lain yang sangat vital bagi perkembangan kecerdasan seorang anak, namun banyak diabaikan oleh para orang tua. Faktor tersebut adalah istirahat yang cukup. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara menidurkan bayi atau anak dengan baik agar istirahat buah hati anda maksimal.

Memberikan Waktu Tidur yang Cukup Akan Membantu Anak Anda Menjadi Lebih Cerdas

Umumnya, waktu tidur yang dibutuhkan oleh anak adalah dua kali orang dewasa. Pada waktu tidur, umumnya bayi atau anak kecil akan mengalami active sleep dimana otak akan melakukan simulasi keadaan terjaga, hingga buah hati anda akan belajar menerima dan mengolah informasi dari simulasi tersebut. Fase ini ditandai dengan bayi yang menggigau atau tersenyum saat tidur. Sedangkan pada saat deep sleep, perkembangan otak akan lebih difokuskan pada koneksi lain pada otak bagian dalam.

Secara observatif, waktu tidur yang lebih singkat pada 3 tahun awal kehidupan seorang anak akan membuat mereka menjadi lebih agresif, hiperaktif, dan memiliki kemampuan kognitif yang cenderung lebih rendah apabila dibandingkan dengan anak-anak lain yang memiliki waktu tidur panjang.  Hal ini kemungkinan terjadi karena sel-sel penyusun jaringan syaraf pusat kekurangan waktu untuk ‘merecovery’ dirinya hingga kehilangan kemampuan untuk menerima dan mengolah informasi dari lingkungan dengan baik.Hal tersebut dapat dianalogikan dengan kemampuan karet untuk merenggang dan kembali kebentuknya semula akan berkurang apabila terus menerus ditarik atau digunakan.

Cara Menidurkan Bayi atau Anak dengan Baik

Agar bayi atau balita anda istirahat dan tidur dengan baik, Anda dapat mempelajari tips cara menidurkan bayi berikut:

  1. Pelajari pola tidur dan tanda mengantuk bayi Anda sehari-hari
  2. Ajarkan bayi Anda untuk tidur teratur
  3. Jika buah hati Anda mengantuk, segera bawa ke ranjang atau gendong agar ia istirahat dengan baik
  4. Nyalakan musik klasik yang menenangkan, matikan lampu dang anti baju serta popok bayi Anda dengan yang kering agar bayi merasa lebih nyaman.
  5. Berikan bantal guling dan selimut. Bantal guling akan memberi sensasi aman pada bayi sedangkan selimut akan membantu menjaga kehangatan bayi sekaligus melindunginya dari gigitan nyamuk atau serangga lain yang berpotensi membuatnya terjaga

Saat buah hati Anda tertidur lelap, anda bisa beristirahat dengan baik untuk menyiapkan energi yang akan anda butuhkan saat ia terjaga dan membutuhkan kasih sayang Anda. Hal tersebut tentu menjadikan Anda agar lebih bisa mengawasi serta memberikan berbagai hal yang dibutuhkan oleh anak. Dengan demikian, pertumbuhan serta perkembangan anak akan lebih terjaga.

Memiliki anak yang cerdas adalah keinginan seluruh orang tua di permukaan bumi ini. Banyak hal yang mempengaruhi perkembangan system syaraf pusat anak dan salah satu yang paling vital adalah tidur yang berkualitas. Cara menidurkan bayi yang berkualitas membantu anak belajar lebih cepat mengolah informasi dari simulasi saat active sleep, menjaga plastisitas otak agar fleksibel dalam berpikir, dan memberikan kesempatan agar otak terus berkembang hingga titik optimalnya.