Wajib Mengetahui! Beberapa Gaya Fashion Yang Ternyata Dapat Membahayakan Kesehatan

Monday, February 1st, 2016 - Kesehatan, Uncategorized
OjekCinta.com – Dizaman yang semakin maju ini, segala hal menjadi ikutan berkembang secara pesat. Tidak ketinggalan juga dunia fashion. Dunia Fashion saat ini mengalami perkembangan yang sangat cepat sekali, baik fashion Muslim/Hijab maupun fashion non Muslim. Namun beberapa fashion yang berkembang dimasyarakat tidak dibuat secara baik sehingga terkesan malah dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Seperti contohnya skinny jeans, fashion ini merupakan salah satu Gaya Fashion Yang Membahayakan kesehatan bagi pemakainya, karena model ini terlalu ketat sehingga dapat menekan saraf-saraf pada paha. Dan Kebanyakan Gaya Fashion yang berbahaya adalah yang diperuntukkan untuk wanita.

Seperti dilansir media viva.co.id, bahwa dengan seiringan berkembangnya zaman, tidak dipungkiri lagi bahwa telah banyak tren-tren terbaru dan terkini yang mulai menjamur diberbagai kalangan masyarakat. Namun bagi sobat yang gemar mengikuti perkembangan tren tersebut, maka alangkah baiknya untuk lebih selektif dan waspada terhadap berbagai tren fashion mode yang bermunculan tersebut. Hal tersebut dilakukan bukan tanpa alasan, mengingat ada beberapa peneliti yang mengungkapkan bahwa beberapa Gaya Fashion Yang Membahayakan Kesehatan pemakainya. Tidak hanya fahion saja, tapi ada beberapa lagi tren yang ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan. Untuk itu jika fashion yang kita gunakan ternyata berbahaya atau menimbulkan efek negatif maka lebih baiknya kita hindari. Seperti apakah Gaya Fashion Yang Teryata Dapat Membahayakan Kesehatan Tubuh Pemakainya. Mari kita simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya. (Baca Juga : Penyebab Seseorang Dapat Meninggal Saat Tidur)

Beberapa Gaya Fashion Yang Ternyata Dapat Membahayakan Kesehatan

Fashion Skinny Jeans
Skinny Jeans merupakan salah satu model jeans yang ada dipasaran. Namun model Jeans yang satu ini dapat menekan saraf-saraf yang bisa mengakibatkan rasa kebas dibagian paha dan terkadang nyeri. Ada sebuah studi yang dipulikasikan pada Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry menceritakan sebuah kisah menyedihkan dari seorang wanita berusia 35 tahun yang tiba-tiba kakinya mengalami mati rasa ketika memakai skinny jeans. Kaki dan pergelangan kaki wanita tersebut bengkak, sehingga skinny jeans yang dipakainya harus dirobek. Meskipun pergelangan kakinya sangat lemah, namun tubuh bagian atasnya dapat bergerak secara normal. Sumber : Brilio.net
Gaya Fashion Yang Membahayakan Kesehatan
Ternyata, saraf yang mengatur kaki bagian bawah dan telapak kaki wanita tersebut tersumbat karena terlalu lama berjongkok saat sedang menggunakan skinny jeans. Menurut Dr. Keri Peterson, celana skinny jeans juga dapat menyebabkan acid reflux. Fashion Celana jeans ketat mungkin sudah menjadi tren dikalangan pria maupun wanita saat ini. Namun, tampilan fashion sesempurna apapun tidak akan ada artinya jika fashion tersebut merupkan salah satu Gaya Fashion Yang Membahayakan Kesehatan kita. Jika memang sobat tetap ingin memekai celana skinny jeans, maka sebaiknya gunakan dalam waktu singkat saja. Pilihlah celana yang tidak terlalu ketat dibagian paha saat digunakan untuk duduk.
Pemakaian Korset
Kebanyakan dari wanita menggunakan korset untuk membantu supaya tubuhnya terlihat lebih langsing dan ramping. Namun, Korset ini merupakan Gaya Fashion yang sangat berbahaya bagi kesehatan jika seorang wanita memakainya dengan cara memaksakan diri secara berlebihan. Hal tersebut tentu saja dapat membuat tubuh akan terasa menyakitkan dan sulit bernapas, karena penggunaan korset yang terlalu ketat dapat menekan paru-paru. Kemudian akibatnya dapat menjadi pusing dan mual karena kekurangan oksigen. Berdasarkan para ahli, pemakaian korset secara berlebihan dan dilakukannya terus menerus malah akan meyebabkan rusaknya tulang rusuk beberapa waktu kedepan nantinya. Jadi, penggunaan korset ini tidak menampilkan hasil yang signifikan untuk membentuk tubuh yang lebih langsing.
Tindik Tubuh Dan Tato
Gaya Fashion Berbahaya Bagi Kesehatan Selanjutnya adalah Tindik Tubuh Dan Tato. Mari kita bahas satu persatu.

Tindik Tubuh : Sudah menjadi hal wajar bagi wanita untuk menindik telinganya. Namun, terkadang ada pula sebagian orang baik wanita maupun pria yang memiliki hobi untuk menindik bagian tubuhnya dibagian tertentu kecuali telinga, seperti pada alis, lidah, hidung, pusar atau sampai alat kelamin. Jika tindik berlebihan semacam ini dilakukan, sudah menjadi hal pasti akan dapat menggangu kesehatan kulit seperti luka atau robek pada permukaan luar kulit, infeksi, sampai akhirnya dapat merusak saraf penting yang tersusun pada sekitar kulit. Berdasarkan Study ditahun 2012 yang dilakukan oleh Northwestern Univerisy, bahwa 20% infeksi bakteri merupakan sebab dari tindik tubuh yang berlebihan. Berdasarkan study tersebut, masalah lain yang bisa muncul adalah gangguan procedur kesehatan dan alergi. Hal tersebut bisa terjadi karena salah satunya penggunaan alat tindik yang tidak bersih dan steril. (Baca Juga : Gaya Hidup atau Kebiasaan Buruk Wanita yang Mengganggu Kesehatan)
Gaya Fashion Yang Membahayakan Kesehatan - Tindik dan Tato Tubuh
Tato Tubuh : Mendengar istilah Tato mungkin agak sedikit mengerikan bukan. Karena Dimasyarakat seorang dengan tato dibagian tubuhnya identik dengan preman-preman yang sangar dan kasar. Tindakan mentato merupakan salah satu Gaya Fashion yang Membahayakan Kesehatan dan dapat beresiko sangat besar seperti terjadinya infeksi pada kulit, keloid, alergi dan bahkan sampai dijauhi orang jika dilihat dari segi sosialnya. Jika memang sobat ingin mentato bagian tubuh, maka sebaiknya untuk melakukan tes kesehatan tubuh terlebih dahulu untuk mengetahui infeksi apa yang anda miliki. Serta pastikan tempat anda menato merupakan seorang profesional dengan berbagai macam peralatan yang bersih dan steril.
Kuncir Dan Sanggul
Menggunakan tampilan dengan Kuncir dan sanggul sebagai Gaya Fashion merupakan jawaban bagi wanita yang ingin terlihat lebih klasik maupun clean. Namun jika sobat  menggunakannya terlalu kencang maka dapat menjadi bahaya. Resiko yang dapat ditimbulkan dari menguncir rambut dan menyanggul rambut secara kencang dan dalam waktu yang lama antara lain adalah kerontokan rambut permanen. Maka untuk sobat yang akan menguncir rambutnya, disarankan untuk tidak terlalu kencang.
Pakaian Dalam atau Underwater Terlalu Ketat
Ketika sobat akan membeli pakaian dalam, maka sebaiknya pilihlah ukuran yang tidak terlalu ketat, karena jika terlalu ketat pasti akan menggangu kenyamanan saat beraktivitas. Selain itu, menggunakan pakaian dalam terlalu ketat dikhawatirkan dapat menimbulkan permasalahan pada alat reproduksi baik pria maupun wanita. Bagi pria dampaknya akan membuat sedikit atau turunnya jumlah sperma. Sementara bagi perempuan, dikhawatirkan nantinya akan menimbulkan infeksi pada kandung kemih dan pertumbuhan jamur.
Sepatu Hak Tinggi (High Heels)
High Heel memang sebuah fashion dalam bersepatu yang sangat disukai kaum wanita, apalagi yang tinggal daerah perkotaan. Sepatu dengan model berhak tinggi ini pada umumnya digunakan untuk tujuan supaya terlihat tinggi dan lebih menarik tentunya. Namun Ternyata memakai High Heel merupakan Gaya Fashion Yang Membahayakan Kesehatan tertutama pada bagian pergelangan kaki.
Gaya Fashion Yang Membahayakan Kesehatan - High Heels
Beberapa ahli mengatakan semakin tinggi hak pada sepatu maka semakin berat beban yang bertumpu pada kaki, hal ini bisa menyebabkan rasa sakit. Sebuah review pada tahun 2014 menyimpulkan bahwa sepatu hak tinggi bisa mengubah posisi alami kaki dan akhirnya menyebabkan reaksi berantai yang dapat menggangu kesehatan tulang belakang. Para peneliti menyarankan agara manita dapat mengurangi kebiasaan dalam Gaya Fashion yang Bebahaya Bagi Kesehatan yang satu ini. Sebab untuk mencegah resiko cedera kaki. Selain itu ternyata penggunaan high heels juga kabarnya akan malah dapat memperpendek pemakainya, sebab high heels dapat menyebabkan otot Achilles tendonitis atau otot tendon dari betis sampai tumit menjadi tergangu. (Baca Juga : Cara Meningkatkan Energi Dalam Tubuh Secara Alami)

Bila Anda tetap tak rela untuk meninggalkan sepatu hak tinggi, maka sangat disarankan untuk merencanakan penggunaannya dengan baik. Bila akan dipakai hanya pada makan malam setelah urusan kantor usai, janganlah memakai sepatu itu di kantor. Stretching sebelum memakai dan relaksasi sesudah memakainya adalah hal yang juga penting.
Perhiasaan (Kalung)
Perhiasaan (Kalung) menjadi Gaya Fashion yang Membahayakan Kesehatan selanjutnya. Perhiasan sering kali digunakan sebagai penghias atau sekedar untuk melengkapi penampilan seorang wanita saja. Perhiasan yang sering digunakan oleh kalangan wanita ada banyak sekali macamnya salah satunya adalah kalung. Jika sobat menyukai memakai perhiasan kalung, maka sebaiknya hindarilah pemakaian kalung dalam jumlah terlalu banyak. Hal ini selain bertujuan untuk menghindari aktivitas perampokan akan tetapi dapat menghindari dari resiko ketegangan di leher.
Namun, Jika sobat merupakan seorang wanita muslim beriman sebaiknya hindarilah pemakaian perhiasan yang seperti ini, karena Allah menegaskan dalam firmannya yakni di dalam Qs. Al Ahzab :
“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyyah yang dahulu” (QS. Al Ahzab: 33)
Maqotil bin Hayan mengatakan bahwa maksud berhias diri di sini ialah seseorang memakai khimar (kerudung) di kepalanya namun tidak menutupinya dengan sempurna. Dari sini terlihatlah kalung, anting dan lehernya. Inilah yang disebut tabarruj (berhias diri) ala jahiliyyah. Untuk lebih lengkapnya silakan baca kitab Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim karya Ibnu Katsir, 6: 183 (terbitan Dar Ibnul Jauzi).
Menikur Gel
Kegiatan menikur gel akhir-akhir ini lebih digandrungi dari pada yang biasa. Jenis satu ini memang lebih cepat kering. Akan tetapi, Dr. Eric Schweiger mengatakan bahwa jika tidak berhati-hati dalam penggunaan dan jika kuku dengan menikur gel terkena paparan sinar UV yang terlalu berlebihan, maka kuku akan menjadi kering dan bisa berdampak pada penuaan kulit serta kanker kulit.

Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan kepada sobat sekalian. Dengan adanya informasi tersebut, admin harapkan kedepannya sobat jadi lebih bijak dan selektif dalam memilih fashion. Cukup sekian artikel mengenai Gaya Fashion Yang Membahayakan Kesehatan, terima kasih telah berkunjung dan membaca aritkel ini.