Pernah Dengar Orang Meninggal Saat Tidur? Ketahui Penyebab Seseorang Dapat Meninggal Saat Tidur

Sunday, January 24th, 2016 - Kesehatan, Uncategorized
 Penyebab Meninggal Saat Tidur

Pernah Dengar Orang Meninggal Saat Tidur? Ketahui Penyebab Seseorang Dapat Meninggal Saat Tidur

OjekCinta.com – Bertemu lagi bersama admin sobat. Semoga sobat yang membaca artikel diblog sederhana ini tidak akan bosan ya. Pada kesempatan kali ini, admin akan kembali berbagi informasi diseputar Perawatan Dan Kesehatan, dengan Judul Penyebab Meninggal Saat Tidur. Dengan artikel ini admin harapkan dapat memberikan sedikit informasi bermanfaat kepada sobat sekalian. Untuk pembahasannya mari kita baca artikel berikut ini.

Mungkin diantara sobat sekalian ada yang pernah mendengar fenomena kejadian meninggal saat tidur, bahkan mungkin ada tetangga kita yang pernah mengalami hal tersebut. Tentu saja, kita berpikiran bahwa fenomena tersebut adalah hal yang mustahil terjadi, sebab seseorang dalam kondisi sehat secara mendadak dan tiba-tiba bisa meninggal saat tidur terlihat aneh sekali. Namun jika kita mengetahui Penyebab Meninggal Saat Tidur yang terjadi pada seseorang, maka hal tersebut tidak lagi menjadi hal yang mustahil atau aneh. Fenomena tersebut dapat dibuktikan dengan menggunakan ilmu medis, sehingga kemungkinan orang yang sehat dapat secara tiba-tiba meninggal saat tidur benar-benar bisa terjadi. Sebelum ada penjelasan secara medis, banyak masyarakat menyangkutpautkan kejadian tersebut dengah hal-hal yang berbau mistis dan tahayul.

Tidak jarang, orang-orang mencari tau Penyebab Orang Meninggal Saat Tidur, ada beberapa penyebab yang dapat admin beritahukan kepada sobat sekalian mengenai masalah tersebut. diantaranya sebagai berikut.

Penyebab Sesorang Dapat Meninggal Saat Tidur :

Terjadinya Suatu Keadaan Yang Disebut Sleep Apnea 

Sleep Anea sendiri merupakan suatu gangguan tidur yang ditandai dengan tertutupnya saluran pernapasan yang dapat menurunkan kadar oksigen tubuh dan meningkatkan tekanan darah. Sewaktu kita tidur seluruh otot tubuh akan rileks, termasuk pangkal lidah yang akan jatuh ke belakang dan menutup jalan napas. Biasanya hal seperti ini terjadi pada orang yang memiliki kebiasaan tidur terlentang, Hal inilah yang menyebabkan seorang tidur dengan mendengkur. Lamanya sleep apnea biasanya terjadi selama 10 detik. Jika sleep apnea terjadi lebih dari 10 detik, maka akan dapat mengakibatkan penurunan kadar oksigen sebanyak 4% dalam darah, sehingga langsung menyebabkan pengurangan oksigen dan menggangu organ tubuh.
Penyebab dari sleep apnea sendiri dapat berupa overweight atau kelebihan berat badan serta kebiasaan tidur terlentang sehingga lidah jatuh dan menutupi saluran napas. Saluran napas yag sempit akibat penumpukan lemak amandel yang membesar, dan masih banyak lagi. Berdasarkan penelitian, Sleep Apnea ini merupakan Penyebab Meninggal Saat Tidur yang lebih sering terjadi pada seorang wanita dari pada pria.

Mengalami Sudden Arrhythmia Death Syndrome (Sindrom Kematian Mendadak) – SADS

SADS merupkan sebuah istilah yang digunakan untuk orang dewasa yang meninggal secara mendadak tanpa diketahui sebabnya. Sindrom SADS ini sebenarnya merupakan kelainan genetik pada ujung yang bisa menyebabkan kematian mendadak walaupun kondisi tubuh sedang sehat, dan sindrom ini dapat terjadi pada siapa saja. Pada umumnya, seorang yang meninggal karena terkena sindrom jenis ini tidak tahu bahwa dirinya memiliki kelainan genetik pada jantungnya. Jika penderita sindrom ini tahu, maka kematian dapat dicegahnya. (Baca Juga : Tips Cara Meningkatkan Energi Dalam Tubuh)

Penyebab Meninggal Saat Tidur - SADS

Kelainan genetik pada jantung dapat dikenali dari ciri-ciri berikut ini :
a). Terjadinya pingsan atau kejang secara tiba-tiba saat sedang melakukan aktifitas seperti olahraga maupun dalam keadaan yang terlalu sedih/senang.
b). Memiliki penyakit pada bagian pundak yang tidak biasa dan terjadi secara terus menerus dan memiliki napas yang relatif pendek saat melakukan olahraga atau kegiatan yang melelahkan.
c). Sebelumnya memilik sejarah keluarga yang juga pernah mengalami sindrom ini dibawah usia 40 tahun.
Secara garis besar bahwa Penyebab Meninggal Saat Tidur yang dapat terjadi secara tiba-tiba adalah karena terjadinya kelainan genetik pada jantung yang terlambat diketahui penderitanya yang kemudian dikenal dengan istilah Sudden Arrhythmia Death Syndrome (SADS).

Terjadinya Penggumpalan Darah

Memiliki aliran darah yang stabil sangatlah penting bagi setiap orang. Oleh sebab itu jika terjadi penggumpalan darah akan sangat menjadi berbahaya bagi kita. Sebenarnya jika darah membeku dalam jumlah sedikit dan dibagian yang tidak vital maka tidak akan menjadi masalah yang serius.

Penyebab Meninggal Saat Tidur - Penggumpalan Darah

Namun, beda halnya jika penggumpalan/pembekuan darah terjadi pada bagian vital seperti otak, jantung dan lain sebagainya, tentu saja akan menjadi sangat berbahaya. Penggumpalan darah dapat berpotensi menyumbat sirkulasi pengaliran darah menuju kejantung dan otak. Oleh karena itu, pastikan rutin melakukan tes CT atau MRI pada korban yang pernah mengalami kecelakaan parah atau trauma.

Sudden Infant Death Sysndrome (Sindrom Kematian Mendadak Pada Bayi) – SIDS

Penyebab Seorang dapat meninggal saat tidur selanjutnya adalah SIDS. Sindrom ini sering dialami oleh bayi yang berusia 1 bulan hingga 1 tahun. Bayi laki-laki paling banyak mengalami sindromi ini dan akan semakin bertambah saat cuaca dingin. Penyebab dari sindrom SIDS ini sendiri bisa terjadi karena cacat sejak lahir, reaksi terhadap infeksi, sesak napas, hipotermia, gagal tumbuh, hipertermia. Namun untuk memperkecil angka sindrom untuk terus meningkat, maka dapat dilakukan pencegahan dengan beberapa macam cara sebagai berikut :
– Upayakan bayi untuk tidur dengan posisi terlentang
– Jauhkan dari berbagai macam asap terutama asap rokok
– Hindari untuk menutupi selimut
– Jangan didekatkan dengan bantal maupun boneka tebal dan berbahan bulu halus.

Usia Yang Sudah Lanjut

Dengan usia yang semakin tua, maka juga dapat menjadikan seseorang mengalami kematian secara mendadak juga. Hal ini dapat terjadi karena saat bertambahnya umur, maka banyak sekali sel-sel didalam tubuh yang mengalami kematian. Hal ini dapat ditandai dengan berbagai macam ciri-ciri seperti turunnya berat badan secara drastis, sulit untuk tidur atau sebaliknya sangat banyak tidur, berkurangnya indra perasa, sulit untuk menahan kencing atau BAB dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel yang dapat admin bagikan kepada sobat sekalian, semoga dengan informasi mengenai Penyebab Meninggal Saat Tidur, sobat jadi lebih tahu bagaimana cara menghindari hal tersebut sehingga tidak terjadi pada diri kita. Terima kasih sudah membaca artikel dan berkunjung diblog sederhana ini ya sobat. (Baca Juga : Gaya Hidup atau Kebiasaan Wanita Yang Dapat Berdampak Buruk Dan Mengganggu Kesehatan)