Mengetahui Alasan Kenapa Jilboobs Diharamkan?

Thursday, January 21st, 2016 - Dunia Hijaber, Uncategorized
Kenapa Jilboobs Diharamkan?

Mengetahui Alasan Kenapa Jilboobs Diharamkan?

OjekCinta.com – Pada kesempatan yang sangat bahagia ini, admin akan membahas tentang Dunia Hijaber. Artikel ini akan membahas fenomena dalam mengenakan hijab yang admin beri judul Kenapa Jilboobs Diharamkan. Ketika kita mendengar kata Jilboobs, maka tentu saja berbagai macam pro maupun kontra menghiasainya. Karena pada kenyataanya meskipun Jilboobs Diharamkan, masih banyak wanita muslimah yang mengenakannya.


Akhir-akhir ini persoalan Kenapa Jilboobs Diharamkan banyak sekali mengisi ruang media visual maupun media maya yang ada diindonesia. Kata Jilboobs sendiri terdiri dari dua suku kata yaitu “Boobs” yang artinya Dada dan Jilbab artinya penutup aurat. Sehingga Jilboobs memiliki artian sebagai kegiatan menutup aurat ataupun memakai hijab namun memperlihatkan lekuk bentuk tubuh dan tonjolan pada dadanya.

Memang akan sangat menarik ketika Jilboobs menjadi sebuah pembahasan yang perlu diselesaikan mengenai berbagai fenomena didalamnya dari Alasan Kenapa Jilbobs Diharamkan dan juga hal yang lain. Hal ini karena Jilboobs menyangkut kesalahan dalam berhijab sesuai dengan syariat Islam yang berlaku, sekaligus arus trend fashion mode yang semakin tidak terkendali laju perkembangannya. Kemudian dari berbagai macam yang menjadi fenomena dalam Jilboobs ini, tentu saja yang paling menjadi sorotan adalah Kenapa Jilboobs Diharamkan?

Fenomena Jilboobs ini juga biasanya terjadi pada para wanita muslimah yang baru pertama kali dalam mengenakan hijab sehingga belum terlalu paham maupun mengerti Cara Memakai Hijab Bagi Pemula yang Baik dan Benar. Namun tidak jarang juga yang memakai hijab semacam ini adalah mereka yang sudah cukup lama memakai hijab namun terpengaruh dengan perkembangan dunia trend fashion yang begitu pesat, sehingga ia ikutan untuk tetap terlihat modis dengan hijab namun melupakan kaidah berhijab yang baik dan benar. Padahal jika kita pintar memilih dan selektif dalam menghadapi perkembangan era trand fashion ini kita masih bisa Tetap Tampil Cantik, Modis dan Anggun Dengan berhijab Syar’i dan tentu saja tidak terlepas dari syariat islam itu sendiri.

Kenapa Jilboobs Diharamkan pertama

Sobat muslimah OjekCinta.com sekalian, ada yang perlu diketahui bahwa hijab merupakan bagian dari syariat islam yang sangat penting untuk dilaksanakan oleh seorang wanita muslimah. Berhijab bukan hanya sekedar identitas apalagi menjadi hiasan semata. Berhijab sebagai salah satu ibadah yang memiliki posisi terpenting juga. Karena sangat penting, maka Allah menurunkan perintah merupakan wahyu secara langsung kepada Nabi Muhammad Saw yang kemudian untuk disampaikan kepada para kaum muslimin. Berikut salah satu firmannya :

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmim: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Al Ahzab : 59)
Fenomena Jilboobs seakan memiliki tempat tersendiri sekarang ini. Pada tanggal 25 Januari 2014 lalu, dunia sosial media dihebohkan dengan akun fanspage Jilboobs Communiti dimana didalamnya berisi konten berupa foto-foto yang memamerkan banyak wanita muslimah yang berpakain Jilboobs ini. Sejak saat itulah istilah Jilboobs semakin melambung tinggi. Setelah itu muncullah pro dan kontra mengenai permasalahan Jilboobs ini. Kemudian tidak jarang ada pertanyaan apakah seorang muslimah yang berhijab dengan gaya Jilboobs bisa dimaafkan karena sudah berusaha menutup aurat? Atau malah sebenarnya pemakaian hijab Jilboobs ini merupakan upaya untuk mempermainkan agama karena tidak berpakaian pantas sesuai dengan kaidah islam, tentu saja jika dengan tujuan untuk mempermainkan agama, maka jilboobs ini merupakan salah satu Ciri Wanita Berhijab Namun Penuh Dengan Dosa.

“Mengenai Permasalahan atas fenomena Jilboobs ini, MUI telah menanggapinya dengan memberikan fatwa mengenai hal tersebut. Disampaikan oleh wakit Ketua MUI, KH. Ma’ruf Amin, “Sudah ada fatwa mengenai pornografi. Termasuk tidak boleh memperlihatkan bentuk-bentuk tubuh, memakai hijab tapi berpakaian ketat. MUI  secara tegas melarang hal tersebut. sumber : Liputan6 dan sidomi.com


Alasan MUI mengeluarkan fatwa Kenapa Jilboobs Diharamkan adalah salah satunya karena Jilboobs ini tidak menutup aurat seorang wanita muslimah secara sempurna. Dan juga Jilboobs merupakan pemakaian hijab dengan menutupi aurat yang tidak sesuai dengan syariat islam. Untuk lebih jelasnya mengenai faktor-faktor Kenapa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengharamkan Jilboobs bisa dibaca dibawah ini :

Faktor-Faktor Kenapa Jilboobs Diharamkan :

Pertama, telah dijelaskan pada surat Al-Qur’an An-Nur, bahwa jilbab memiliki fungsi untuk menutupi aurat wanita muslimah. Artinya adalah, tujuan wanita muslimah berhijab salah satunya adalah untuk melindungi dada. Dengan berlandasan tujuan yang terdapat dalam surat An-Nur ini, maka Jilboobs merupakan kesalahan dalam menggunakan hijab, karena hijab hanya berwujud sebagai bentuk, namun cara dan fungsinya bukanlah seperti berhijab yang disarankan syariat islam.

Kedua, Kenapa Jilboobs Diharamkan salah satunya karena menjadikan hijab hanya sebagai perhiasan semata yang perlu dipamerkan. Padahal kita ketahui bahwasannya fungsi hijab dan pakaian bagi muslimah bukan sebagai perhiasan merupakan sebagai perintah Allah dengan berbagai macam kebaikan dan Manfaat Menggunakan Hijab didalamnya. Ketika seorang wanita muslimah menjadikan hijab sebagai sebuah perhiasan maka tentu saja tujuan dari perintah Allah agar wanita melindungi perhiasan dirinya tidak terpengaruh.

Ketiga, Kemudian dilihat dari sisi maknawi, hijab memiliki beberapa makan, yaitu Qomish (sejenis jubah), kain yang menutupi seluruh badan, Khimar (kerudung), pakaian atasan seperti selimut. Jika beberapa makna tersebut digabungkan maka akan sesuai dengan hijab yang disebutkan oleh Rasulullah, yaitu pakaian yang menutupi seluruh badan.


Menutup aurat memiliki manfaat untuk melindungi bentuk tubuh dari penglihatan, itulah yang membedakannya dengan membungkus aurat. Jilboobs Diharamkan karena jilboobs lebih dekat pada membungkus aurat sehingga memperlihatkan tonjolan dan tidak menjadikan hijab seperti makna di atas sebagaiman mestinya. (Baca Juga jika ingin megetahui : Cara Memilih Hijab Sesuai Warna Kulit Wajah)

Kenapa Jilboobs Diharamkan kedua

Terdapat sebuah hadist yang menyebutkan “Seorang wanita dalam mengerjakan shalat harus mengenakan tiga pakaian, yaitu baju, jilbab dan khimar.” (HR. Ibnu Sa’ad, Muslim). Melihat hadist tersebut, maka para wanita muslimah yang memakai hijab jilboobs sudah memenuhi 2 syarat yaitu baju dan jilbab, namun syarat khimar tidak terpenuhi. Hijab bisa berfungsi sekaligus sebagai khimar, yaitu jika jilbab melindungi seluruh anggota badan kecuali yang dikecualikan, wajah dan telapak tangan. Sedangkan Jilboobs memperlihatkan tonjolan kaki, meski sudah berhijab, maka tidak dapat disebut khimar, sebab hijabnya tidak berfungsi untuk melindungi atau menutup aurat namun hanya sekedar membungkus aurat.


Demikianlah beberapa faktor yang dijadikan sebagai alasan Kenapa Jilboobs Diharamkan. Masih banyak sekali penyalahan dalam penggunaan hijab Jilboobs yang melanggar aturan syariat islam sehingga Jilboobs dianggap sesuatu yang dilarang/diharamkan. Mungkin banyak sekali kesalahan yang terjadi karena point ketiga diatas terlewatkan, sehingga seorang wanita muslimah mengganggap benar/sah-sah saja jika menggunakan hijab Jilboobs. (Baca Juga : Alasan Wanita Menunda-nunda Dalam Berhijab)

Cukup sekian sedikit penjelasan mengenai Alasan Kenapa Jilboobs Diharamkan dan Dilarang. Semoga artikel yang admin bagikan ini, dapat memberikan manfaat dan dampak baik kepada para sobat sekalian khususnya sobat muslimah OjekCinta.com. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sederhana diblog ini. Jangan sungkan untuk berkunjung lagi ya sobat.